PROFIL LULUSAN

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Primary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan,melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. 
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

KOMPETENSI UTAMA 

Deskripsi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Jenjang Kualifikasi 6

  1. Menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di keilmuannya melalui dalam pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Mengembangkan proses pembelajaran di sekolah dasar yang bermanfaat bagi pendidikan.
  3. Memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
  4. Bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar.

Para lulusan Program Studi PGSD jenjang sarjana diharapkan memiliki kompetensi utama berikut.

  1. Menguasai secara mendalam prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar.
  5. Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dalam bentuk artikel ilmiah.
  7. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran.
  8. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian.
  9. Mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan danmeningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  10. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  11. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, serta praktisi dan konsultan pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar.